Minggu, 09 Oktober 2016

Perkembangan Presentasi

1.  Awal mula

Pendapat beberapa observer mengatakan penggunaan perangkat keras di dalam kelas telah tersebar luas dan hal ini menunjukkan anak didik diperlakukan seolah-olah adalah mesin dibanding manusia, ini karena dehumanisasi dalam pengajaran atau proses pembelajaran. Bagaimanapun, penggunaan perangkat keras dengan baik, teknologi pembelajaran modern dapat divisualisasikan, dan dengan begitu proses ini sampai batas tertentu tidak dapat tercapai karena mempertimbangkan kemanusiaan.
Secara prural media adalah saluran komunikasi. Makna media dalam bahasa latin adalah “antara”, istilah ini mengacu pada apapun yang membawa informasi antara sumber dan penerima. Contohnya meliputi video, televisi, diagram, material cetak, komputer dan instruktur. Ini semua dianggap media pembelajaran ketika membawa pesan dengan tujuan pembelajaran. Tujuan dari media adalah untuk memudahkan komunikasi. sejalan dengan adanya sekolah dan kampus berbasis media dan jaringan internet, dunia menjadi kelas tersendiri bagi pembelajar. Dengan demikian penyeragaman kurikulum di dunia pendidikan dianggap wajar.

Media pembelajaran yang menggabungkan pengalaman kongkrit membantu anak asuh untuk menggabungkan pengalaman sebelumnya, sehingga mempermudah untuk mempelajari konsep-konsep abstrak, misalnya anak didik yang telah melihat berbagai aspek pembangunan jalan layang atau jalan raya. Mereka melihat pekerja bekerja, dan mereka melihat tahap-tahap pembangunan jalan, akan tetapi, mereka perlu memiliki pengalaman-pengalaman ini yang akan digabungkan kedalam dugaan yang disamaratakan tentang apa yang dimaksud dengan pembangunan jalan. Menunjukkan video yang menggambarkan seluruh proses yang terkait satu dengan yang lainnya, merupakan cara ideal untuk menggabungkan berbagai pengalaman mereka kedalam suatu ringkasan yang bermakna.
Di dalam mengembangkan teori pembelajaran, Bruner mengusulkan bahwa pembelajaran harus langsung berasal dari pengalaman ke benda-benda yang disajikan berdasarkan pengalaman (penggunaan gambar-gambar atau video) ke simbol penyajian (seperti penggunaan kata-kata).

2.  Pengertian Presentasi
Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi, presentasi dapat diartikan sebagai kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat, ataupun informasi kepada orang lain.

3.  Unsur-unsur Pokok Presentasi
Adapun unsur pokok dalam presentasi adalah sebagai berikut:
1)  Presenter, adalah pihak yg melakukan presentasi
2)  Audience, adalah peserta presentasi
3)  Tools, adalah media atau alat presentasi

4.  Jenis Presentasi Berdasarkan Sifat Interaksi
a)  Presentasi Langsung
Ø  Contoh : guru dan murid atau dosen dan mahasiswa tatap muka di kelas
Ø  Teleconference, adalah presentasi secara langsung antara presenter dan audiens yang saling berjauhan dengan bantuan teknologi komunikasi
b)  Presentasi Tak Langsung
Ø  Contoh : koran, majalah, tabloid.

5.  Jenis Presentasi berdasarkan Sifat Medianya
a)    Presentasi Audio; Presentasi yang menggunakan media suara
b)    Presentasi Visual; Presentasi yang menggunakan media gambar
c)    Presentasi Audio Visual; Presentasi yang menggunakan media suara dan gambar seperti Video


6.  Perkembangan Teknologi Presentasi
Bila kita melihat sejarah, maka perkembangan Teknologi Presentasi sebagai berikut:     
6.1.  Kapur dan Blackboard
Papan tulis itu pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960-an, pada saat itu papan tulis mulai muncul di pasar. Tidak terpikirkan akan ditempatkan pada sebuah ruangan kelas, hingga tahun 1990-an, mulailah ada perintis-perintis yang memerlukan papan tulis sebagai alat dan bahan untuk memudahkan proses belajar mengajar. Hingga pada masa itu, sudah ada yang namanya blackboard (papan tulis hitam) dengan menggunakan kapur sebagai alat tulisnya.
Papan tulis dahulu dibuat dari lembaran papan yang dicat dengan cat yang tidak mengkilat, biasanya berwarna hitam atau hijau. Papan tulis dahulu digunakan di sekolah-sekolah dan institusi pendidikan atau pelatihan. Tulisan atau gambar yang dibuat dengan kapur tulis mudah dihapus dengan lap basah atau penghapus papan tulis yang dibuat dari secarik karpet yang ditempelkan di sepotong kayu. Sedangkan tulisan yang dibuat dari kapur tulis yang dibasahkan biasanya lebih sulit dihapus. Produsen papan tulis biasanya menganjurkan permukaan papan tulis yang baru dibeli supaya dipenuhi dulu dengan coretan-coretan lebar kapur tulis. Setelah coretan-coretan dihapus, papan tulis siap untuk digunakan. Banyaknya tingkat kealergian terhadap kapur tulis, maka seiring dengan berjalannya zaman, mulailah dibuat yang namanya whiteboard (papan tulis putih) dengan alat tulis berupa spidol ataupun pena bertinta tebal, sehingga pada saat ini ditemukan beranekaragam whiteboard seperti whiteboard magnet, sakana, jurnal dll.. hinga pada tingkat ini ada kemajuan dalam dunia industri terutama bagi produsen - produsen pembuat spidol... dan mungkin sampai saat ini whiteboard masih melekat dalam ingatan - ingatan khususnya para pelajar.

6.2.  Spidol dan Whiteboard
Papan tulis ini diciptakan oleh Martin Heit, seorang fotografer dan veteran perang Korea. Ide ini awalnya dikembangkan untuk memiliki samping telepon dinding untuk menerima pesan-pesan di atas. Selama bekerja dengan film, ia menyadari bahwa catatan dapat direkam pada film negatif menggunakan spidol dan dapat dengan mudah dihapus dengan tisu basah. Papan tulis Awal terbuat dari laminasi film, cetak mengkilap yang sama ditemukan pada film negatif.
Sebuah prototipe dibuat dan siap untuk mengungkapkan, ketika lemari kaca terbakar malam sebelumnya untuk pembukaan bersama dengan prototipe papan tulis. Mr Heit memilih untuk menjual ide untuk Dri-Markus, yang mulai memperkenalkan mereka ke dunia pendidikan.
Pada pertengahan 1960-an, papan tulis pertama mulai muncul di pasar. Dalam kelas, adopsi luas mereka tidak terjadi sampai awal 1990-an ketika keprihatinan atas alergi dan risiko kesehatan lainnya yang potensial ditimbulkan oleh debu kapur diminta penggantian papan tulis banyak, pada papan tulis.
Para papan tulis pertama adalah sangat mahal dan yang terbuat dari melamin permukaan. Itu adalah "sempurna" solusi untuk papan tulis, kecuali bahwa itu "hantu" (residu ditahan tanda terhapus) dalam waktu singkat dan sulit untuk tetap bersih.
Enamel-on-baja papan tulis magnetik telah melalui beberapa perbaikan, seperti pengurangan biaya dan pengurangan silau yang disebabkan oleh permukaan glossy. Kecenderungan saat ini adalah porselen-baja magnet papan menghapus kering. Ini dianggap sebagai kualitas tertinggi dalam industri. Mereka sekarang sangat umum di sekolah, universitas, dan rumah sakit.
Lembaran papan tulis yang didukung lem, poster, dan roti yang tersedia, memungkinkan semua permukaan, bahkan jika berbentuk tidak teratur atau non-tingkat, akan berubah menjadi permukaan yang menulis papan tulis.
Permukaan penanda yang jelas, terbuat dari kaca atau akrilik dilapisi khusus, juga muncul di pasar sekitar 2007 dan telah dipopulerkan oleh TV dan film.

6.3.  OHP (Overhead Projector)


                OHP (Overhead Projector) merupakan jenis perangkat keras yang sangat sederhana, terdiri atas sebuah kotak dengan bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi.Cahaya yang amat terang dari lampu proyektor amat kuat menyorot dari dalam kotak kemudian dibiaskan oleh sebuah lensa khusus, yaitu lensa fresnel, melewati sebuah transparan ukuran 20 x 25 cm yang ditempatkan di atas landasan tersebut. Sebuah sistem pemantul cahaya dari cermin dan lensa, yang di tempatkan di atas kotak landasan, menghasilkan berkas cahaya berbelok 90 derajat. Dengan lampunya yang amat terang dan sistem optiknya yang efisien, menghasilkan banyak sekali cahaya sehingga memungkinkan untuk dipergunakan di ruangan biasa tanpa penggelapan. Dalam kelompok peralatan proyeksi, Over Head Proyektor/Over Head Transparansi (OHP/ OHT) adalah peralatan yang paling sederhana, karena peralatan ini hanya menggunakan sistem  lensa (optic) dan elektrik (kipas pendingin dan lampu proyektor). Over Head Proyektor/Over Head Transparansi (OHP/ OHT) berfungsi untuk memproyeksikan atau menyajikan transparansi. Dengan menggunakan proyektor, informasi yang disampaikan dapat diproyeksikan di layar, sehingga informasi berupa tulisan, gambar, bagan akan menjadi lebih besar dan lebih jelas dilihat oleh siswa. penggunaan media ini menguntungkan karena indera penglihatan dan pendengaran akan sama-sama diaktifkan melalui sebuah media transparansi yang telah disiapkan. Yang dimaksud dengan gambar mati (still picture) adalah berupa gambar, foto, diagram, table, ilustrasi, baik berwarna maupun tidak berwarna. agar gambar tersebut dapat dilihat dan disajikan dengan jelas oleh seluruh siswa di dalam kelas dengan jalan diproyeksikan ke suatu layar (screen).


  

6.4.  Personal komputer dan LCD Projector
LCD proyektor ditemukan di New York oleh Gene Dolgoff. Dia mulai bekerja di dalam kampus pada tahun 1968 dan bertujuan untuk memproduksi sebuah video proyektor yang dalam idenya akan membuat sebuah LCD yang lebih cerah dibandingkan dengan 3-CRT proyektor. Ide tersebut untuk menggunakan elemen yang disebut sebagai “cahaya katup” untuk mengatur jumlah cahaya yang melewati itu. Hal ini akan memungkinkan penggunaan yang sangat ampuh untuk sumber cahaya eksternal. Setelah mencoba berbagai bahan, dia menduduki kristal cair untuk mengatur terang pada tahun 1971. Ia membawanya sampai 1984 untuk mendapatkan addressable layar kristal cair (LCD), yang dibangun adalah ketika ia pertama di dunia LCD proyektor. Setelah pemeriksaannya itu, dia melihat banyak masalah yang harus dikoreksi termasuk kerugian besar. Dia kemudian menggunakan metode baru untuk menciptakan efisiensi yang tinggi untuk menghilangkan tampilan pada piksel. Ia mulai bekerja di Projectavision Inc pada tahun 1988, pertama kali dunia LCD proyektor didirikan. Dengan menggunakan media komputer dan Liquid Crystal Display (LCD) Projector, pada prinsipnya cara kerja proyektor menggunakan file hasil olahan perangkat lunak presentasi yang outputnya dari komputer diteruskan ke layar LCD projector

6.5.  Smartboard
Pada tahun 1989, dia bergabung sebagai anggota Nasional Asosiasi Produsen fotografi (NAPM) Standar Sub-komite, IT7-3, dia bersama dengan Leon Shapiro, co-Ansi di seluruh dunia mengembangkan standar pengukuran dari kecerahan, kontras samapai resolusi proyektor elektronik. Awalnya LCD yang digunakan dengan sistem ada pada overhead proyektor. Tapi, LCD sistem tidak memiliki sumber cahaya sendiri. Dengan susah payah dan beribu kegagalantanpa patah semangat akhirnya mereka bisa sukses dan populer sampai sekarang ini. Mereka memulainya dengan teknologi yang digunakan dalam beberapa ukuran dari belakang proyeksi konsol televisi, LCD ini menggunakan sistem proyeksi di televisi set besar adalah untuk memungkinkan kualitas gambar yang lebih baik sebagai sanggahan satu televisi 60 inci, walaupun saat ini sebagai saingan utama dari proyektor LCD adalah LG 100 inch LCD TV. Pada tahun 2004 dan 2005, LCD proyeksi telah kembali datang denga fitur yang lebih lengkap karena penambahan yang dinamis warna yang dianggap kontras yang telah meningkat hingga tingkat DLP.
Sebagaimana kita ketahui bahwa “Accelerated Learning” atau bahasa kitanya adalah “Percepatan Pembelajaran” dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu pengajaran. SmartBoard adalah salah satu alat yang dibuat oleh SMART Technologies yang sangat cocok untuk digunakan dalam Accelerated Learning.
Generasi terbaru touchscreen hadir sebagai media presentasi interactive, dimana proses penyampaian suatu materi/presentasi menjadi lebih mudah. SMARTBOARD adalah media presentasi dan media informasi yang berasal dari Canada yang memliki kemampuan merekam suatu presentasi termasuk melakukan “Conference Presentation” yaitu presentasi yang dilakukan di dua lokasi atau lebih secara bersamaan dan bisa saling mengkoreksi apabila terjadi kesalahan.

Pada dasarnya fungsi utama smartboard adalah memindahkan fungsi PC/Laptop kepada board atau LCD. Apabila pada PC/Laptop terdapat keyboard, mouse dan monitor, maka pada smartboard ini semua fungsi tersebut menjadi satu kesatuan atau all in one. Memiliki Virtual keyboard, mouse yaitu jari kita (touchscreen) dan tentu saja board/LCD pada smartboard sebagai monitor. 

semoga penjelasan di atas dapat di mengerti dan semoga membantu menyelesaikan tugas kamu hehehehe 
Load disqus comments

0 komentar